DI RUMAH AJA ATAU DI KAMPUS AJA?


Hai guys..

Hayooo, kalian pilih kuliah sambil rebahan tapi gak paham materi atau kuliah dikampus ngeluarin uang bensin tapi paham materi?

Yuk simak pendapat anggota himatika universitas mataram, perihal online atau offline?

Masa pandemi ini mengakibatkan terjadinya perubahan kebijakan pemerintah dalam dunia pendidikan tanah air. 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yaitu Nadiem Anwar Makarim telah mengeluarkan beberapa kebijakan untuk mengatur kegiatan pembelajaran selama masa pandemi ini, yaitu dikeluarkan melalui Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020, yaitu tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (covid-19) pada tanggal 24 Maret 2020. 

Salah satu kebijakan pemerintah dalam Surat Edaran tersebut adalah merubah cara belajar mengajar mahasiswa dan guru dilakukan secara online atau kebijakan belajar dari rumah.

Lalu, apakah kebijakan ini efektif untuk mahasiswa?

Menurut survei terhadap mahasiswa anggota himatika, 90% mahasiswa menyatakan bahwa mereka lebih memilih untuk kuliah tatap muka secara langsung (luring). Karena menurut mereka, luring lebih efektif dan intensif. Terlebih lagi untuk mata kuliah yang berbasis hitung menghitung, khususnya matematika. Hal itu disebabkan karena ada banyak kendala seperti daring seringkali error bahkan banyak mahasiswa yang tidak memiliki fasilitas memadai. Selain itu perkuliahan daring sering terkendala jaringan internet yang sulit dijangkau, terutama mahasiswa yang berada di daerah pelosok. Aktivitas perkuliahan daring menjadi tidak lancar. Akibatnya, mahasiswa tidak dapat memahami materi dengan baik. 

Mahasiswa menginginkan adanya video pembelajaran dan diskusi daring yang dilakukan dengan memanfaatkan berbagai macam teknologi atau media, seperti google meeting, zoom dan yang lainnya.

Kendala yang lainnya adalah masih adanya miskomunikasi antara dosen dan mahasiswa, terkadang apa yang dijelaskan dosen disalahpahami oleh mahasiswa dan mahasiswa harus belajar mandiri. Selain belajar mandiri, dalam forum diskusi dominan mahasiswa menyalin jawaban teman yang sudah terlebih dahulu mengupload, itu disebabkan karena kurang pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diterima.

Sekarang sudah jelas kan gengs, lebih efektif kuliah offline daripada kuliah online kann? Yaa walaupun ngeluarin uang bensin siih hehee😁

Semoga pandemi ini segera berakhir yaa guys, biar kita bisa hangout di kantin kampus, eh belajar dikampus doong😁

Komentar